Senin, 10 November 2014

3 Budaya Jadi Satu Pada Gelar Budaya Lengkong



Gelar Budaya Hajat Kampung Lengkong dalam rangka Menyambut HUT Kota Tangsel ke 6, dengan tema “3 Budaya Jadi 1”, disambut meriah oleh masyarakatnya dan dihadiri beberapa perwakilan sanggar seni budaya serta perguruan silat Se Jabodetabek, termasuk tamu kehormatan Tubagus Ismet al Abbas, Zurriat  Sultan Banten pun hadir dan sekaligus menandatangani prasasti silaturahmi perguruan silat, belum lama ini, di Rumah Budaya Lengkong, Kampung Lengkong RT. 015 RW. 010, Lengkong Wetan, Serpong, Tangsel.

Tubagus Ismet  al Abbas, Zurriat Sultan Banten dalam kata sambutannya mengatakan bahwa seni budaya adalah jati diri bangsa dan harus terus dilestarikan serta dikembangkan, agar seni budaya masyarakat menjadi kuat. Karena bila lemah dan rapuh, akan mudah sekali seni budaya kita diambil bangsa lain.

“Seni budaya kita sangat kaya, seperti rampak beduk, hadrah, ngaji qur’an, silat, ondel-ondel, debus, gambang kromong, cokek, barongsai, sebagaimana yang ditampilkan di Rumah Budaya Langkong ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, Abah Ismet, beliau biasa disapa, mengajak kepada semua untuk bersama menjaga seni budaya tradisi kita, dengan terus disiram dan dipupuk. Sehingga generasi kita akan datang, dapat mengerti dan memahami serta menguasai seni budaya tradisi sendiri.

“Apalagi seni budaya bernafaskan Islam, yang sangat melekat di masyarakat Tangsel, Banten,” tegasnya.

Dikesempatan yang sama, Baim Gentar Alam, Panitia Gelar Budaya Lengkong mengatakan bahwa kegiatan ini telah berjalan selama 3 tahun dan sekarang tahun yang ke 4. Kali ini temanya sangat khusus “3 Budaya Jadi 1” artinya Budaya Cina, Betawi, Sunda yang sangat kental pada masyarakat Lengkong, Tangsel ini ditampilkan dalam satu event bersama. Hal itu tercermin dalam beberapa penampilan yang telah kami pentaskan.

“Selain itu, secara khusus kami mengundang 32 perguruan silat Se Jabodetabek untuk turut serta menunjukkan kebolehan masing-masing dalam menjalankan jurus silat perguruannya,” imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar